Tradisi Minum Kopi Masyarakat Indonesia Adalah yang Terunik di Dunia

Kebiasaan minum kopi masyarakat Indonesia adalah salah satu yang paling unik di dunia. Budaya minum kopi hal yang demikian tidak ditemukan di negara lain, selain Indonesia. Tak hanya unik, tradisi minum kopi di Indonesia betul-betul bermacam. Tiap daerah punya cara unik mengolah serta menyajikan minuman ini.

Pusat tersebut disampaikan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf dalam peluncuran buku 'KOPI Indonesian Coffee Craft & Culture' di kawasan Menteng, Jakarta Tidak.

"Banyak sekali tradisi minum kopi yang cuma ada di Indonesia. Setelah ada di negara lain. Sejarah kopi Indonesia betul-betul panjang sampai kini," kata Triawan.

Triawan mencontohkan Kopi Joss di Yogyakarta. Pun diseduh, penjual memasukkan arang panas dari macam kayu tertentu ke dalam gelas kopi. Cek informasi tentang Keragaman Indonesia disini.

"Di Yogya ada kopi yang dicampur arang panas, Kopi Joss, itu sungguh-sungguh unik dan sedap sekali. Kecuali menjadi ikon tamasya kuliner di Yogyakarta," lanjutnya.

Hanya Kopi Joss, budaya minum kopi di Aceh yakni salah satu yang paling unik di dunia. Masyarakat Aceh mulai minum kopi usai mengerjakan Solat Subuh (jam 04.30 pagi).

"Bila ada di Indonesia, pagi-pagi sekali minum kopi. Kini saya pribadi tak sanggup sepatutnya minum kopi sepagi itu," kata Triawan.

Buku Kopi: Indonesian Coffee Craft & Culture hadir memberi tahu potret perjalanan kopi Indonesia sejak jaman kolonial sampai menjelang era bisnis kekinian. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memposisikan buku ini sebagai katalog promosi.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan bahwa dikala ini bermunculan generasi baru petani, pengusaha, maupun profesional yang memperlakukan kopi tak sekadar komoditas dagang. "Berdasarkan menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia," tuturnya.

Triawan, generasi baru tersebut terinspirasi tren kopi gelombang ketiga di Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara lain. Mereka menjadikan kopi sebagai medium berkreasi sejak proses penanaman, pengolahan, sampai penyeduhan.